Sebentar lagi tahun 2013 sudah mau berakhir. Tahun demi tahun penulis selalu menyisikan waktu dan uang untuk membeli buku atau sumber pengetahuan lainnya, untuk memastikan diri penulis berkembang dari tahun ke tahun. Karena tahun-tahun sebelumnya tidak memiliki blog, maka baru bisa berbagi buku yang akan (rencananya) dibaca tahun ini. Tidak semua buku adalah buku terbaru, karena isi dari buku berkualitas biasanya tak lapuk oleh waktu. Tentunya buku yang akan penulis baca sudah diteliti baik-baik terlebih dahulu, karena keterbatasan waktu maupun uang penulis :D

Mungkin saja akan ada daftar bacaan lainnya untuk tulisan selanjutnya, untuk buku-buku filsafat dan fiksi. Jadi kalau belum tepat dengan minat baca kamu, tunggu tulisan selanjutnya, siapa tahu cocok ;) Langsung saja, daftar buku topik pengembangan web yang akan penulis baca di tahun 2014 nanti adalah…

1. Don’t Make Me Think, Revisited

Judul buku sebenarnya sangat panjang: Don’t Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability (3rd Edition) (Voices That Matter). Buku ini merupakan buku legendaris untuk desain antarmuka web, dan edisi sebelumnya sudah penulis baca berkali-kali. Edisi lamanya berisi penjelasan mengenai bagaimana membuat antarmuka web yang optimal dan mudah digunakan, sampai-sampai pengguna tidak perlu berpikir untuk menggunakan website kita. Informasi yang kita dapatkan di dalam buku ini benar-benar sudah teruji, bahkan penulis sendiri sudah mencoba dan melihat langsung hasil aplikasi ilmunya.

Edisi baru dari buku ini katanya akan membahas tentang antarmuka aplikasi / web mobile juga, satu topik yang belum banyak dipelajari oleh penulis. Penulis dari buku ini, Steve Krug, merupakan salah satu pakar yang paling hebat dalam bidang ini. Jadi, kelihatannya ini adalah kesempatan baik untuk belajar desain antarmuka aplikasi / web mobile bagi penulis. So yeah, buku ini harus penulis baca tahun ini untuk meningkatkan wawasan di bidang desain.

2. Javascript: The Good Parts

Buku ini merupakan buku legendaris mengenai Javascript, yang ditulis oleh Douglas Cockford, yang memiliki pengaruh besar untuk JSON, JSLint, YUI, dan masih banyak lagi. Sebenarnya buku ini sudah sangat lama dicetak, dan selalu direkomendasikan oleh para pengembang Javascript untuk dibaca minimal sekali. Sayangnya, isi dari buku ini sangat berat dan tidak cocok untuk pemula, jadi pastikan untuk mengerti Javascript dengan baik terlebih dahulu, baru baca buku ini.

Walaupun memang tipis (tidak sampai 200 halaman), buku ini menyajikan sangat banyak sekali informasi tentang Javascript. Misalnya, pembahasan mengenai fungsi tidak terbatas sampai bagaimana membuat dan memanggil fungsi, tetapi fitur-fitur pemrograman fungsional dan cara penggunaannya secara efektif. Kalau benar-benar ingin menguasai Javascript luar dalam, buku ini adalah buku terbaik yang harus dimiliki.

Selama ini penulis belum berkesempatan memiliki buku ini, dan kebetulan sehari yang lalu buku ini baru sampai di rumah. Beberapa minggu ke depan sudah pasti akan penulis habiskan untuk membaca buku ini :D

3. Thinking with Type

Kembali lagi, judulnya sangat panjang: Thinking with Type: A Primer for Designers: A Critical Guide for Designers, Writers, Editors, & Students. Dari review yang diberikan, kelihatannya buku ini benar-benar bagus. Membahas mengenai tipografi, terutama untuk penggunaan font yang tepat dalam berbagai situasi. Menariknya, ilmu dalam buku ini bukan hanya dapat diaplikasikan untuk desain web, tapi juga berbagai hal lain, misalnya: slide presentasi, banner, dan laporan.

Meskipun sering dipandang sebagai “seni” yang tidak dapat dipelajari semua orang, desain sebenarnya sangat mungkin untuk dipelajari. Memang dalam desain terdapat sisi seni, tetapi terdapat metode, ilmu, dan best practice yang dapat kita ikuti untuk menghasilkan perancangan yang bukan hanya bagus, tetapi menarik di mata. Dengan mempelajari desain sebaik-baiknya, penulis percaya bahwa kita dapat menghasilkan bukan hanya pekerjaan yang baik, tetapi juga pekerjaan yang indah. Kalau ingin menjadi orang yang berdampak, bukankah kita harus dapat menyentuh hati orang, baik dari isi maupun penampilan?

Karena banyak kegunaannya ini dan kemampuan desain penulis yang hanya pas-pasan, maka buku ini juga menjadi bacaan wajib tahun ini. Tahun 2014 nanti, penulis harus bisa meningkatkan kemampuan desain agar website yang dikembangkan tak lagi menyakitkan mata :D

Akhir Kata

Hanya tiga buku mengenai pengembangan web yang akan penulis baca di tahun 2014 nanti. Kenapa begitu sedikit? Karena bagi penulis, yang penting bukanlah berapa banyak buku yang dibaca, tetapi bagaimana ilmu yang didapatkan dari buku tersebut dapat diaplikasikan dan dibagikan. Sepengalaman penulis, tiga buku teknis yang berat sudah lebih dari cukup untuk satu tahun. Terlalu banyak belajar tanpa memanfaatkan apa yang dipelajari juga tidak akan terlalu berfaedah kan? :)

Akhir kata, jika tertarik membaca buku yang sama dan ingin sharing / diskusi, silahkan tinggalkan komentar atau kontak penulis. Daftar kontak ada di halaman about. Selamat membaca, dan salam akhir tahun!

comments powered by Disqus

Daftar Isi