Dalam mengembangkan perangkat lunak, pengenalan terhadap perangkat yang digunakan untuk membangun adalah hal yang sangat penting. Semakin besar perangkat lunak yang dikembangkan, semakin banyak pula hal-hal yang harus diperhatikan selama pengembangan, mulai dari masa perancangan kode sampai dengan launching dari produk yang dikembangkan. Tulisan ini akan menjelaskan berbagai perangkat yang akan sangat membantu dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan Scala.

Bahasa Pemrograman

Perangkat utama yang dibutuhkan tentunya adalah bahasa pemrogramannya sendiri. Paket bahasa pemrograman biasanya memberikan compiler, debugger, profiler, dan dokumentasi akan bahasa pemrograman tersebut. Scala menyediakan paket lengkap tersebut, di sini. Tetapi tunggu dulu, jangan lakukan download paket tersebut, karena terdapat paket yang lebih lengkap, yang mengandung seluruh perangkat yang ada dalam tulisan ini.

Perlu diingat juga, karena Scala berjalan di atas JVM (Java Virtual Machine), maka perangkat pengembangan Java (JDK - Java Development Kit) mutlak diperlukan sebelum melakukan instalasi terhadap Scala. Jika anda belum memiliki JDK, download di sini.

Kalau tidak yakin apakah memiliki JDK atau tidak, jalankan perintah berikut dalam terminal (atau command prompt) anda:

java -version

Jika JDK telah ada dalam sistem, maka sistem akan memberikan respon seperti berikut:

java version "1.7.0_06"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0_06-b24)
Java HotSpot(TM) 64-Bit Server VM (build 23.2-b09, mixed mode)

dengan kemungkinan versi dan jenis CPU berbeda tentunya.

Build Tools

Build Tools (selanjutnya disingkat BT) merupakan perangkat pengembangan yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak skala menengah ke atas. BT melakukan otomasi terhadap kompilasi keseluruhan kode dan hal-hal lain yang harus dilakukan terus menerus, tetapi memakan waktu banyak serta memerlukan langkah-langkah yang kompleks.

Tidak jarang dalam pengembangan perangkat lunak kompilasi aplikasi mencakup hal-hal berikut:

  1. Kompilasi kode program menjadi executable file yang dapat dijalankan sistem operasi
  2. Melakukan packaging terhadap executable file yang dihasilkan, misalnya dengan melakukan kopi gambar-gambar, library, teks, dan lainnya yang dibutuhkan aplikasi ke tempat yang benar.
  3. Menjalankan pengujian otomatis terhadap aplikasi.
  4. Kopi hasil packaging dari lingkungan pengembangan ke lingkungan produksi.
  5. Kompilasi dokumentasi dari kode program, dan catatan riiis dari SCM (Source Code Management).

dan banyak langkah-langkah lainnya (misalnya: pengembangan aplikasi yang dapat berjalan di banyak sistem operasi akan menghasilkan langkah kompilasi yang kompleks). Tugas BT adalah melakukan otomasi terhadap semua hal di atas, dengan tujuan akhir membuat seluruh langkah tersebut dapat dijalankan dengan hanya menekan satu tombol atau menjalankan satu perintah saja.

Karena perbedaan lingkungan, umumnya setiap bahasa pemrograman memiliki BT sendiri-sendiri, dan bahkan dalam satu bahasa pemrograman terdapat banyak BT yang masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Java misalnya, memiliki Maven dan Ant sebagai BT, sementara C/C++ memiliki cmake.

BT yang paiing populer dalam lingkungan pengembangan Scala ialah SBT (Simple Build Tool). SBT dapat diambil di sini, meskipun sama seperti bahasa pemrograman, jangan ambil dulu, karena terdapat paket yang lengkap untuk keseluruhan perangkat yang ada dalam tulisan ini.

Project Template

Lagi-lagi untuk mempermudah pengembangan perangkat lunak (karena programmer itu biasanya malas, tidak sabaran, dan sombong) terdapat perangkat untuk menghasilkan template proyek pengembangan. Template proyek penting terutama untuk lingkungan pengembangan berorientasi objek yang seringkali melakukan pemisahan kode secara sangat mendetail.

Jika bahasa seperti Java biasanya mengandalkan IDE untuk menghasilkan template, lingkungan Scala memanfaatkan perangkat terpisah, giter8. Meskipun kita tetap dapat menggunakan IDE untuk menghasilkan template proyek, giter8 memiliki keunggulan utama dalam integrasi dengan SCM git dan hosting kode GitHub. Jika anda menggunakan kedua perangkat tersebut, menggunakan giter8 akan sangat memudahkan pengembangan.

Typesafe Stack

Keseluruhan perangkat yang dibahas sebelumnya telah dipaketkan oleh Typesafe menjadi Typesafe Stack. Typesafe adalah perusahaan yang dibangun oleh para pembuat Scala, untuk menyajikan solusi platform perangkat lunak yang baik. Typesafe Stack menyediakan paket lingkungan pengembangan perangkat lunak Scala, untuk memudahkan para pengembang yang ingin menggunakan Scala.

Download dan install Typesafe Stack di sini untuk mendapatkan lingkungan pengembangan Scala (yang terdiri dari bahasa pemrograman Scala, SBT, dan giter8). Setelah instalasi, lakukan verifikasi dengan menjalankan perintah sebagai berikut:

C:\Users\bert>scala -version
Scala code runner version 2.9.2 -- Copyright 2002-2011, LAMP/EPFL

C:\Users\bert>sbt --version
sbt launcher version 0.12.0

Jika perintah-perintah tersebut telah berjalan dengan semestinya, maka komputer anda telah memiliki lingkungan pengembangan Scala. Pada tulisan berikutnya akan dibahas mengenai pengenalan bahasa Scala, beserta dengan contoh kode sederhana Scala!

comments powered by Disqus

Daftar Isi