Hi, tulisan singkat saja, membahas perintah yang dapat kita gunakan untuk mengubah teks editor standar yang digunakan oleh git pada saat commit. Teks editor standar yang digunakan oleh git adalah vim, yang belum tentu disukai semua orang. Baca selengkapnya untuk cara mengubah teks editor standar ini.

Perintah yang digunakan adalah:

git config --global core.editor "[nama editor]"

Parameter --global ialah untuk mengubah lingkup perubahan. Ada tiga parameter yang dapat digunakan untuk merubah lingkup, yaitu:

  1. Tanpa parameter: hanya mengubah editor standar pada repositori yang sedang aktif.
  2. --global: mengubah editor standar untuk seluruh proyek, pada pengguna yang sedang aktif.
  3. --system: mengubah editor standar untuk seluruh pengguna dalam sistem. Perintah dengan parameter ini akan memerlukan hak akses root atau admin.

Jadi, misalnya untuk sistem operasi Windows kita dapat menggunakan perintah berikut untuk mengubah editor standar menjadi notepad:

git config --global core.editor "notepad"

Pada Linux dan Mac OS X kita dapat mengubah editor standar menjadi nano (atau emacs, atau pico, atau apapun :D):

git config --global core.editor "nano"

Tentunya sangat disarankan untuk tidak menggunakan notepad pada Windows, karena keterbatasan notepad dalam memproses file teks berformat Unix. Gunakan teks editor lain, dan pastikan teks editor tersebut dapat dijalankan dari command line, lalu ganti notepad pada kode di atas dengan file executable editor tersebut.

comments powered by Disqus

Daftar Isi