Teknologi Kolaborasi Pengembangan Perangkat Lunak

Mempelajari teknik rekayasa perangkat lunak merupakan hal yang sangat penting jika kita ingin mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas tinggi. Terdapat sangat banyak buku, kuliah, maupun sumber daya lain untuk belajar teknik mengembangkan perangkat lunak. Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pengembangan perangkat lunak sudah pasti tidak asing lagi dengan berbagai teori pengembangan seperti metode Waterfall ataupun teknik pengembangan seperti design pattern.

Satu hal yang tak kalah pentingnya dari teknik dan metode pengembangan perangkat lunak adalah peralatan yang kita gunakan untuk mengembangkan perangkat lunak. Peralatan yang digunakan dalam mengembangkan sesuatu seringkali menjadi penentu kualitas hasil pengembangan yang cukup signifikan. Seorang pengerajin kayu yang baik pasti mengetahui berbagai jenis gergaji yang ada, beserta kapan tepatnya kita harus menggunakan tiap-tiap gergaji. Jika ingin mengembangkan perangkat lunak berkualitas tinggi, sebagai seorang pengembang kita juga harus mengetahui peralatan apa saja yang dapat membantu kita dalam mengembangkan perangkat lunak, beserta kapan perangkat pengembangan tersebut cocok digunakan.

Karya tulis ini dibuat agar pembaca dapat melihat dan mempelajari beberapa peralatan yang membantu kita dalam mengembangkan perangkat lunak berkualitas tinggi. Kita tidak hanya akan berfokus ke bagaimana menggunakan perangkat pengembangan, tetapi juga bagaimana perangkat-perangkat pengembangan ini dapat diintegrasikan ke dalam proses dan metode pengembangan perangkat lunak.

Karena keterbatasan waktu, pembahasan hanya akan dibatasi pada satu metode pengembangan, yaitu SCRUM. Perangkat pengembangan yang akan kita pelajari juga akan dibatasi, yaitu hanya kontrol versi (git), perangkat kolaborasi (Trello), dan perangkat manajemen proyek. Pembahasan mengenai berbagai metode pengembangan dan perangkat pengembangan akan ditambahkan seiring dengan berjalannya waktu.

Sumber Bacaan

Berikut adalah sumber-sumber tulisan lain yang dapat dibaca untuk mengakrabkan diri dengan berbagai hal yang akan dibahas dalam materi ini: