Pemrograman Sisi Server dengan NodeJSΒΆ

Pemrograman sisi server (server side scripting; server side programming) dalam dunia pengembangan web berbicara tentang pemanfaatan kode program untuk menghasilkan respon terhadap permintaan (request) pengguna web. Respon yang dihasilkan dapat dibuat dalam berbagai tipe data, misalnya HTML, gambar, ataupun JSON. Proses menghasilkan respon yang dilakukan biasanya disebut sebagai proses melayani (serve), dan proses meminta pelayanan dikenal dengan permintaan (request).

Berbagai hal yang biasanya dilakukan oleh sebuah program pada sisi server yaitu:

  1. Pemrosesan data pengguna.
  2. Memberikan tampilan kepada pengguna, umumnya dalam format HTML + CSS.
  3. Berinteraksi dengan sistem penyimpanan data (mis: database, file).
  4. Berinteraksi dengan server lainnya.

Terdapat banyak bahasa pemrograman yang dirancang untuk pemrograman sisi server, misalnya PHP dan ASP.Net. Begitupun, karena kode dieksekusi oleh server, umumnya bahasa apapun dapat digunakan, selama bahasa tersebut dapat berinteraksi dengan protokol HTTP.

Pada buku ini kita akan membahas pemrograman sisi server dengan menggunakan NodeJS. Mengutip website resmi NodeJS:

Node.js merupakan sebuah platform yang dibangun di atas lingkungan eksekusi Javascript milik Chrome untuk memudahkan dalam pengembangan aplikasi jaringan yang cepat dan berskala besar.

Begitupun, pada banyak bagian dalam buku ini kita akan membahas model pemrograman pada bahasa lain yang populer untuk pengembangan web (misal: C#, Java, PHP). Pembahasan dan pembandingan dengan bahasa lain ini dilakukan untuk meningkatkan wawasan pembaca dalam pengembangan dunia web, serta melihat kelebihan dan kekurangan model pemrograman NodeJS jika dibandingkan dengan bahasa lain. Hal ini diharapkan dapat membantu pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik ketika ingin menggunakan NodeJS atau bahasa lain dalam pengembangan sisi server.

Daftar Isi:

comments powered by Disqus
Kembali ke bertzzie.com