Javascript: Sebuah PembedahanΒΆ

Buku ini merupakan referensi mengenai pengembangan web modern, yang berfokus pada , de facto lingua franca untuk dunia web, Javascript. Fokus utama dari buku ini adalah pemanfaatan fitur-fitur bahasa yang ada dalam Javascript, agar pembaca dapat menggunakan Javascript secara maksimal. Pembaca diharapkan telah mengerti dasar-dasar dari Javascript seperti sintaks dasar (perulangan, percabangan, variabel, dll) serta bagaimana menjalankan kode Javascript di dalam browser. Pembaca yang tepat untuk buku ini adalah mereka yang telah beberapa kali mengembangkan web dengan Javascript, serta telah merasakan sulitnya mengembangkan kode dalam Javascript.

Target utama dari buku ini adalah untuk memberikan pengertian kepada pembaca tentang cara pemrograman Javascript yang optimal. Pemrograman secara optimal yang dimaksud adalah penulisan kode dengan memanfaatkan kekuatan dan kelebihan bahasa, sembari menghindari atau meminimalisir penggunaan titik lemah dari bahasa tersebut. Pemrograman yang optimal tidak hanya akan meningkatkan produktifitas dalam membuat program baru, tetapi juga akan menaikkan kemudahan perawatan dari kode yang dihasilkan. Karenanya bagian awal dari buku ini akan bercerita tentang fitur-fitur terbaik dari Javascript, dan bagaimana memanfaatkannya. Kita tidak akan membedah Javascript itu sendiri secara mendalam, tetapi diharapkan pembaca dapat melihat kekuatan serta keindahan dari Javascript, dan memanfaatkannya dengan benar.

Dengan berfokus pada bagaimana Javascript dapat digunakan dengan optimal, buku ini tidak akan dapat digunakan sebagai referensi utama dari Javascript. Kita tidak akan melakukan pembahasan mengenai seluruh fitur-fitur Javascript beserta intrik-intriknya. Referensi lengkap mengenai Javascript bisa didapatkan dengan mudah secara online, misalnya pada Mozilla Developer Network (MDN). Jika MDN merupakan sebuah pedang, maka buku ini adalah sebuah kitab yang memberikan panduan bagaimana menggunakan pedang tersebut untuk membela diri dengan baik. Pendekar pedang yang baik dikatakan menganggap senjatanya adalah perpanjangan dari tubuhnya. Dalam buku ini penulis ingin memperlihatkan bagaimana “menyatu” dengan Javascript: berpikir dan menulis kode dengan paradigma Javascript. Kita akan melihat komponen-komponen yang membangun Javascript, dan bagaimana semua komponen tersebut bekerja sama agar kita dapat menggunakan seluruh bagian tubuh Javascript dengan baik dan benar.

Materi yang ada di dalam buku ini tidak ditujukan untuk pemula. Jika ada kesempatan lain, penulis berharap dapat kembali menulis buku tentang Javascript untuk pemula. Buku ini juga tidak akan membahas tentang bagaimana melakukan x dan y dalam Javascript. Kembali lagi, hal-hal seperti ini banyak bertebaran dalam Internet. Kita akan berfokus pada pembahasan mengenai Javascript, sambil melihat-lihat sedikit tentang model pemrograman aplikasi web modern. Pembahasan mengenai model pemrograman web seperti DOM akan diberikan secara sekilas saja. Kembali lagi, pembahasan mengenai DOM secara mendalam akan memerlukan buku tersendiri.

Pembahasan yang akan kita lakukan sepanjang buku ini akan sangat padat dan berat. Jangan putus asa jika pembaca tidak dapat mengerti materi pembahasan ketika pertama kali membaca teks yang diberikan. Meskipun memerlukan usaha yang besar, usaha pembaca akan memberikan hasil yang memuaskan, yaitu pengertian akan Javascript yang sangat mendalam. Hasil akhirnya, tentunya adalah kemampuan pembaca untuk membangun aplikasi web dengan baik, mudah, aman, dan cepat.

comments powered by Disqus
Kembali ke bertzzie.com