Javascript: Pembahasan LanjutanΒΆ

Buku ini merupakan sekuel dari karya sebelumnya, “Javascript: Sebuah Pembedahan”. Jika pada buku sebelumnya kita telah membahas tuntas mengenai bahasa Javascript beserta dengan intrik-intriknya, kali ini kita akan melihat beberapa Application Programming Interface (API) yang disediakan browser untuk Javascript. Setelah melihat beberapa API yang ada, kita akan berfokus ke bagaimana membangun aplikasi web kompleks dengan menggunakan Javascript.

Aplikasi web kompleks dengan Javascript umumnya dibangun dengan ikatan dan interaksi yang konstan kepada server. Aplikasi seperti ini biasanya hanya terdiri dari 1 halaman HTML, yang nantinya akan diperbaharui sesuai dengan permintaan pengguna. Pembaruan HTML dan DOM dilakukan secara interaktif, berkomnunikasi dengan server. Aplikasi yang dibuat dengan pola seperti ini dikenal dengan nama Single Page Application (SPA). Fokus utama dari buku ini ialah membangun SPA dengan Javascript.

Pada awal tulisan, kita akan melihat terlebih dahulu perangkat lunak pendukung (tools) yang digunakan untuk membantu dalam pengembangan SPA. Selanjutnya kita akan melihat berbagai API mendasar yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan server, mulai dari teknologi lama dan teruji seperti AJAX sampai teknologi modern seperti WebSocket. Pembahasan tidak dilakukan hanya sebatas sampai bagaimana menggunakan teknologi-teknologi tersebut, tetapi juga kelebihan serta kekurangan dari teknologi yang digunakan. Lebih penting lagi, kita juga akan melihat bagaimana menutupi kekurangan tersebut pada modul selanjutnya.

Memasuki bagian kedua dari buku, kita akan melihat solusi yang telah ada (dalam bentuk framework) untuk membangun SPA. Framework yang dibahas ada dua, yaitu React dan Backbone.js. Kedua framework ini dipilih karena keduanya dapat bekerja sama dengan baik, untuk menutupi kekurangan masing-masing. Pada bab terakhir kita juga akan melihat bagaimana membuat kedua framework bekerja sama.

Seperti pada buku sebelumnya, karya tulis ini akan berfokus pada cara kerja dan cara berpikir dalam pengembangan SPA. Pembahasan mengenai API, cara penggunaan, dan lain-lain hanya merupakan efek samping dari sorotan utama tersebut. Alih-alih menjadi referensi yang detil, buku ini memilih untuk menjadi kitab panduan berpikir. Karena itu, gunakan pendekatan berpikir yang berbeda dalam membaca buku ini. Buku ini dirancang untuk dibaca secara mendalam, bukan meluas. Setiap bab disusun independen, sehingga dapat dibaca secara terpisah.

Akhir kata, selamat belajar dan menikmati ilmu yang disampaikan dalam buku ini. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca.

Daftar Isi:

comments powered by Disqus
Kembali ke bertzzie.com