Membangun Framework PHP SederhanaΒΆ

Tulisan singkat ini membeberkan langkah-langkah sederhana untuk mengembangkan sebuah framework PHP. Pastinya framework yang dikembangkan tidak siap untuk digunakan pada lingkungan produksi, karena mayoritas kode yang dikembangkan hanya berfokus pada konsep-konsep dasar untuk membangun framework. Akan diperlukan sangat banyak tambahan kode jika ingin mengembangkan framework sampai ke titik di mana dapat digunakan untuk produksi.

Tujuan utama dari tulisan ini adalah untuk membantu pembaca yang ingin belajar konsep dasar membangun sebuah framework. Sangat disarankan untuk menggunakan framework PHP yang telah matang seperti Symfony atau Laravel jika anda ingin menggunakan framework pada lingkungan produksi. Membaca tulisan ini akan sangat membantu anda dalam mengerti cara kerja framework-framework lain.

Karena pola perancangan (design pattern) yang paling populer untuk pengembangan web adalah MVC (Model View Controller), maka framework yang dikembangkan juga akan menggunakan pola pengembangan tersebut.

Note

Pembaca dianggap telah mengetahui sedikit tentang pemrograman PHP dan pemrograman berorientasi objek (OOP) sebelum membaca tulisan ini. Jika belum mengerti kedua hal tersebut, silahkan baca tulisan atau buku yang membahas keduanya terlebih dahulu untuk memaksimalkan ilmu yang didapatkan dari tulisan ini.

Bagikan Tulisan
comments powered by Disqus
Kembali ke bertzzie.com