Tentang Saya

Hi,

Saya Alex Xandra Albert Sim, seorang yang sangat mencintai pengembangan perangkat lunak dan berbagai hal yang berhubungan dengannya. Sekarang baru selesai kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) (cek juga tesis saya di sini), belajar untuk menjadi pengembang perangkat lunak yang baik.

Kecintaan saya pada perangkat lunak dimulai dari permainan elektronik, saya dibesarkan pada zaman NES dan Sega Genesis, tetapi mulai mengerti intrik permainan pada zaman Sony Playstation 1. Awalnya bermula dari pemakaian GameShark yang menyebabkan saya banyak belajar mengenai penempatan data dalam memori, serta berbagai basis bilangan (terutama heksadesimal).

Kemudian juga, saya cukup beruntung untuk terlahir di keluarga yang menyukai teknologi, jadi saya terekspos oleh komputer pertama kali ketika zaman MS-DOS (sekitar kelas 3 SD). Karena pertemuan awal dengan komputer pada usia yang sangat muda, saya menjadi fasih menggunakan komputer (serta Bahasa Inggris) pada usia muda. Hal ini lah yang pada akhirnya menyebabkan saya menjadi tenggelam di dunia pengembangan perangkat lunak.

Temukan juga saya di:

twitter: @bertzzie github bitbucket

Kenapa Menulis Blog?

Karena saya suka menulis dan ingin berbagi. Pengetahuan, menurut saya, merupakan sebuah sumber daya yang harus dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja. Saya akan menulis terutama tentang pengembangan perangkat lunak, tetapi terkadang akan bergerak ke arah pemrograman Scala dan web.

Alasan sederhana memilih pemrograman Scala: karena sumber daya mengenai pemrograman Scala berbahasa Indonesia sangat sedikit ditemui di Internet. Untuk web, karena saya berkecimpung dalam dunia pemrograman web.

Shameless Self-Promotion

Blog ini dibangun dengan menggunakan mesin blog yang saya kembangkan sendiri, yaitu PlayJournal. Jika anda tertarik untuk mengembangkan sebuah CMS (Content Management System) dengan menggunakan Scala, silahkan ikuti perkembangan dan kirimkan patch dan pull request ke dalam repositori tersebut.

Jika ingin menghubungi saya, anda dapat langsung membaca CV saya untuk data kontak lengkap saya.

Akhir kata, terima kasih telah membaca blog saya. Saya berharap dapat belajar banyak dari para pembaca serta mendapatkan masukan-masukan yang berharga.